Translate

Minggu, 09 Juli 2023

Trip Report Bersama Wisatawan Switzerland saat Mengunjungi Suku Torowar di Wondama Papua Barat

Swizerland tourists in the torowar tribe

Day 1
Pada tanggal 27 Juni 2023 Wisatawan tiba di Kota Wasior Kabupaten Teluk Wondama. Wisatawan dijemput dan diantar ke lokasi meeting point, Wisatawan sarapan.
Bersama wisatawan mengunjungi pasar tradisional Iriati untuk berbelanja keperluan bahan makanan.
Melakukan perjalanan menuju Suku Torowar di Kampung Undurara Menggunakan kendaraan 4WD.
Sebelum Kami tiba di kampung undurara ada sebuah jembatan penyebrangan rusak akibat sungainya banjir dan kendaraan yang mengantar kami tidak dapat menyebrangi sungai itu. Kami menunggu sampai malam dengan harapan air sungai itu surut namun harapan kami tidak sampai. Kami pun  menunggu kendaraan yang turun dari kampung undurara arah ke kota namun tidak ada  akhirnya kami memasang basecamp sederhana untuk menginap di pinggiran sungai. Kendaraan yang mengantar kami pun suda kembali malam itu ke kota wasior.

Day 2
Pagi hari wisatawan menikmati keindahan hutan dan sungai yang sedang banjir, kami membawa wisatawan mengunjungi beberapa masyarakat torowar yang tinggal di dekat sungai itu. Wisatawan dapat melihat atraksi pemrosesan sagu secara tradisional dan melihat beberapa pohon sagu dan tepung sagu yang sudah diproses. Wisatawan pun melihat beberapa peralatan berburu milik masyarakat torowar.

Hari suda siang, kami kembali ke basecamp di pinggiran sungai untuk masak, setelah makan datanglah sebuah kendaraan dari Kampung undurara menuju kota, dan kami bertemu di pinggiran sungai itu lalu kendaraan itulah yang kami tumpangi dan dia membawa kami ke kampung undurara suku torowar.
Kami melakukan lapor tiba kepada kepala suku dusun dan kepala kampung.

Day 3
Prosesi penyambutan, wisatawan diantar menuju rumah adat dan kami makan bersama.
Wisatawan berjalan keliling kampung dan melihat aktivitas kehidupan masyarakat.

Day 4
Melihat burung surga 12 antena dipagi hari,

Melihat atraksi berburu, Trekking ke Kebun dan  bertemu kepala suku torowar, makan bersama dan menikmati tembakau/rokok asli suku torowar.

Day 5
Bersama wisatawan menyaksikan proses tipu belut. Trekking ke Sambun bertemu beberapa masyarakat suku torowar yang tinggal di tengah hutan. Melihat cara pasang jerat dan beberapa tumbuhan bahan pembuat noken dari bahan kulit kayu dan tali hutan.

Day 6
Karena bertepatan dengan hari minggu, kami bersama wisatawan kami ibadah bersama dengan masyarakat lokal. Dan setelah itu tidak ada aktivitas sehingga kami manfaatkan waktu itu untuk beristirahat.

Day 7
Bersama wisatawan melakukan mancing ikan di sungai, mengunjungi mama suku dan melihat kebun dan cara memanen hasil kebun.

Day 8
Melihat proses pembangunan rumah sederhana dengan bahan lokal oleh orang suku torowar

Day 9
Proses pengambilan atap, menjahit atap, proses mengambil kulit kayu yang digunakan sebagai lantai rumah dan proses memasang atap rumah.

Day 10
Melihat beberapa aktivitas masyarakat dan Menyaksikan prosesi penjemputan beberapa masyarakat yang telah pulang berburu dari hutan. Dan dilanjutkan dengan acara pengucapan syukur secara adat dengan proses toki tifa dan bernyanyi dari malam hingga pagi.

Day 11
Melihat proses memotong daging yang sudah diasap dan pembagian daging,  melihat cara memasak secara tradisional, melihat cara masyarakat suku torowar menganyam noken, tikar dan lainnya. Makan bersama Dan melihat proses pembakaran tulang-tulang binatang hasil buruan yang dibakar pada tempat yang sudah disediakan.

Day 12
Kami melakukan acara foto bersama, dilanjutkan dengan prosesia toki tifa untuk mengantar wisatawan ke kendaraan yang ditumpangi. Wisatawan kembali ke kota wasior.
Kami sampai di kota wasior dan kami membawa wisatawan ke hotel.

Day 13
Wisatawab beristirahat di hotel.

Day 14
Wisatawan berangkat ke kota manokwari menggunakan pesawat perintis susi air.