Translate

Sabtu, 25 November 2023

Burung Endemik Pegunungan Wondiboy

Endemic birds in Wondiboy Mountains,
Eky Sawaki photo


Pegunungan Wondiboy di Papua Barat, Indonesia, merupakan rumah bagi sejumlah burung endemik yang hanya dapat ditemukan di wilayah tersebut. Berikut adalah beberapa  burung endemik Pegunungan Wondiboy yang pernah kami temukan : 

1. Western Parotia (Parotia sefilata)

Western Parotia (Parotia sefilata) in Wondiboy Mountains,
Eky Sawaki photo

Burung cendrawasih ini memiliki bulu berwarna hitam dan coklat dengan hiasan bulu yang mencolok di bagian kepala dan ekor. Burung jantan dikenal karena tarian khasnya saat berusaha menarik perhatian betina. Burung betina memiliki bulu yang lebih coklat dan tidak memiliki hiasan bulu yang mencolok.

Burung Parotia (Parotia sefilata), adalah spesies burung cendrawasih yang dapat ditemukan di Pegunungan Wondiboy, Papua Barat, Indonesia.


2. Black Sicklebill (Epimachus fastosus)

Balck Sicklebill (Epimachus fastosus) in Wondiboy Mountains,
Eky Sawaki photo

Burung ini memiliki bulu berwarna hitam dengan bulu ekor yang panjang dan melengkung seperti sabit. Mereka memiliki suara yang khas dan sering terlihat di hutan-hutan pegunungan.

Black Sicklebill (Epimachus fastosus) adalah burung yang termasuk dalam keluarga Paradisaeidae, atau burung cendrawasih. Spesies ini ditemukan di sebagian besar Papua Tengah dan wilayah Vogelkop di Papua Barat, termasuk Pegunungan Wondiboy.

Black Sicklebill memiliki ukuran yang cukup besar dengan panjang sekitar 110 cm untuk jantan dan 55 cm untuk betina. Burung jantan memiliki kepala hitam dengan kilauan biru kehijauan dan ungu, sedangkan bagian atas tubuhnya berwarna hitam beludru dengan kilauan ungu. Burung betina memiliki bulu berwarna coklat.

Habitat alami Black Sicklebill adalah hutan pegunungan pada ketinggian antara 1700 hingga 2150 meter di atas permukaan laut. Mereka biasanya ditemukan di hutan dengan vegetasi yang lebat.


3. Vogelkop Bowerbird (Amblyornis inornatus)

Vogelkop Bowerbird (Amblyornis inornatus) in WOndiboy Mountains,
Eky Sawaki photo 


Burung jantan memiliki bulu kecoklatan dengan corak yang tidak terlalu mencolok, namun memiliki perilaku yang menarik saat membangun dan mendekorasi bower mereka. Bower merupakan struktur yang dibangun oleh burung jantan sebagai tempat untuk menarik perhatian betina. Mereka menggunakan berbagai bahan seperti ranting, daun, dan benda-benda berwarna untuk menghiasi bower mereka.

Vogelkop Bowerbird nest, Eky Sawaki photo

Vogelkop Bowerbird, atau juga dikenal sebagai Amblyornis inornatus, adalah salah satu spesies burung bowerbird yang dapat ditemukan di Pegunungan Wondiboy, Papua Barat, Indonesia. Burung ini mendapatkan namanya dari wilayah geografis tempat mereka ditemukan, yaitu Vogelkop, yang merupakan bagian dari Pegunungan Wondiboy.


4. Superb Bird of Paradise (Lophorina superba)

Superb Bird of Paradise(Lophorina superba) in Wondiboy Mountains,
Eky Sawaki photo


Burung Superb Bird of Paradise, atau dalam bahasa Latin dikenal sebagai Lophorina superba, adalah spesies burung yang unik dan menarik. Burung ini terkenal karena tarian kawinnya yang sangat dramatis dan indah. Burung jantan memiliki bulu hitam mengkilap dengan dua mata besar berwarna biru terang di dadanya. Saat melakukan tarian kawin, burung jantan akan membuka bulu-bulunya seperti layar, menampilkan pola mata biru yang mencolok, sementara tubuhnya berputar dan melompat-lompat di sekitar burung betina. Burung ini biasanya ditemukan di hutan hujan pegunungan di Papua, Indonesia dan Papua Nugini. Mereka biasanya hidup sendirian dan memiliki diet yang terdiri dari buah-buahan dan serangga.

Burung Superb Bird of Paradise, atau dalam bahasa Latin dikenal sebagai Lophorina superba, memang dapat ditemukan di Pegunungan Wondiboy Papua Barat Indonesia. Mereka hidup di hutan hujan pegunungan dengan ketinggian antara 1.200 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut.

Selain itu masi banyak jenis burung yang belum sempat saya muat dalam artikel ini.

Pegunungan Wondiboy merupakan salah satu tempat yang populer untuk melakukan pengamatan burung dan satwa liar terbaik. Ada banyak paket perjalanan yang ditawarkan untuk menikmati keindahan alam dan keanekaragaman hayati di daerah tersebut. Selama perjalananmu di Pegunungan Wondiboy, pasti akan ada kesempatan untuk melihat dan mengamati burung-burung eksotis seperti yang burung-burung endemik yang disampaikan. Anda dapat menjelajahi hutan-hutan di daerah ini dan mencari tanda-tanda keberadaan burung ini. Namun, penting untuk diingat bahwa pengamatan burung dilakukan dengan memperhatikan kelestarian alam dan menghormati habitat burung.


Sumber:

- Wondiwoi Tour

- Birding and Wildlife Watching: Paradise Birds that You Can Watch in Papua

- The Ballerina Bird - Western Parotia

- CAGAR ALAM PEGUNUNGAN WONDIBOY - Blogger

- Cagar Alam Pegunungan Wondiboy - Wikipedia bahasa Indonesia

- Indonesia Punya Burung Endemik yang Bisa Menari Seperti Balerina

- Black Sicklebill - Wikipedia

- Black Sicklebill - The Australian Museum

- Black Sicklebills (Epimachus fastuosus) Information | Earth Life

- Vogelkop Bowerbird - BirdLife International

- Vogelkop Bowerbird - Handbook of the Birds of the World

- Vogelkop Bowerbird - Birds of New Guinea

- Vogelkop Bowerbird - IUCN Red List

- Birding in West Papua - Birding Ecotours

 - Kompas.com

- IDN Times

- Faunatis

- EcoNusa

Tidak ada komentar: