Translate

Sabtu, 11 Maret 2023

Whimbrel, Burung Asal Siberia di Wondama

Whimbrel in Wondama,West Papua, Indonesia.
Photo: Eky Sawaki

Burung Whimbrel / Gajahan Pengala di wondama, Papua Barat, Indonesia

Beberapa ahli burung mengatakan Whimbrel adalah satu dari jenis burung asal siberia yang ada di Teluk wondama. Beberapa bulan setiap tahunnya whimbrel selalu berada di wondama. Diperkirakan setiap bulan September-april whimbrel berada di wondama, sedangkan bulan mei-agustus whimbrel kembali ke negeri asalnya yaitu Siberia. Burung ini menghabiskan waktunya lebih banyak diluar seberia pada musim dingin.

Whimbrel yermasuk burung perancah yang menyukai gosong lumpur, muara pasang surut, daerah berumput dekat pantai, pasir, dan pantai berbatu. Kadang kala terlihat sendirian, burung ini biasanya hidup dalam kelompok kecil sampai besar, dan sering berbaur dengan burung perancah lain.

Whimbrel suka memangsa moluska, cacing, krustasea dan organisme laut lainnya. Mangsa didapatnya dengan mengais dan menusuk-nusuk lumpur atau tanah lunak dengan paruhnya yang panjang dan sensitif, atau dengan mematuknya apabila mangsa berada di atas tanah. Di daerah asalnya, sebelum bermigrasi, Whimbrel juga diketahui memakan buah-buahan kecil dan kadang juga serangga.

Whimbrel terdiri dari tujuh subspesies, dengan daerah persebaran yang berbeda. Salah satu spesies ialah N. p. variegatus (Scopoli, 1786), tersebar di Siberia, dan saat musim dingin bermigrasi ke India timur, Taiwan, Filipina, Indonesia dan Australasia. Burung ini berbiak di Eropa utara dan Asia, akan tetapi pada musim dingin mengembara ke selatan hingga ke Australia dan Selandia Baru. Whimbrel tercatat sebagai pengunjung musim dingin yang umum di Kepulauan Sumda besar dan juga wilayah WallaceaSebarannya sampai di indonesia.

Whimbrel in Wondama,
West Papua, Indonesia.
Photo: Eky Sawaki

Dari perkiraan waktu migrasinya pada maret-april sekelompok kecil Whimbrel sedang melakukan perjalanan dari beberapa daerah sebarannya menuju siberia dan pada maret  sedang singgah sebentar di wondama.

Sepanjang tepi pantai di teluk wondama terdapat lumpur gosong, pasir, muara sungai besar hingga kecil, rerumputan di pinggiran pantai dan, pantai berbatu ini merupakan habitat yang cocok bagi burung whimbrel.

Coastal Scenery of Wondama Bay as seen from Ramiki Beach

Saya menemukan spesies burung ini berada pada dua lokasi pantai yang berbeda di Teluk Wondama.

Tidak ada komentar: