Translate

Selasa, 23 Mei 2023

Gunung Wondiwoi : Dunia Hutan Hujan Papua yang Hilang


Hutan Ramiki di Gunung Wondiwoi, Foto Eky Sawaki

Pegunungan Wondiwoi adalah rangkaian pegunungan yang terletak di provinsi Papua Barat Indonesia. Kisaran ini adalah rumah bagi kanguru pohon Wondiwoi, spesies kanguru pohon yang endemik di papua. Pegunungan Wondiwoi juga merupakan rumah bagi hutan hujan Papua, yang merupakan salah satu ekosistem dengan keanekaragaman hayati terbanyak di Bumi. Mulailah dengan merencanakan perjalanan anda, Temukan hutan hujan papua yang hilang dengan keanekaragamannya.

Pegunungan Wondiwoi disebut juga Aisinia Wondiwoi, sesuai istilah bahasa daerah wondama untuknya, juga diibaratkan sebagai raksasa yang sedang tidur, dalam konteks budaya istilah setempat pegunungan wondiwoi di umpamakan sebagai peti pusaka yang menyimpan harta kekayaan alam. Itu juga disebut Dunia Hilang dari Hutan Hujan Papua. Hutan hujan Papua juga disebut sebagai “Tanah Ketenangan Pagi” karena curah hujannya yang konstan dan damai. Demikian beberapa sebutan dan stilah yang dipakai untuk menyebut pegunungan wondiwoi.

Hutan hujan Papua di Indonesia adalah hutan yang paling beragam secara biologis di Bumi. Hutan hujan Amazon, Kongo, dan Andes umumnya dianggap jauh lebih beragam, dengan jumlah spesies yang ditemukan berkali-kali lipat, Kedua hutan hujan ini terletak di wilayah New Guinea, tetapi hutan Papua jauh lebih beragam secara biologis.

Hutan hujan Papua adalah rumah bagi sekitar 5.000 spesies tumbuhan dan hewan, menjadikannya salah satu hutan tropis paling beragam secara biologis di dunia. Di hutan ini terdapat beberapa spesies kanguru pohon yang endemik di kawasan tersebut, antara lain kanguru pohon wondiwoi yang hanya terdapat di pegunungan Wondiwoi.

Pegunungan Wondiwoi terletak di timur Indonesia, tepatnya di Kabupaten Teluk Wondama Papua Barat. Terletak di antara perbatasan Kabupaten Nabire Provinsi Papua dan Kabupaten Kaimana serta Kabupaten Teluk Wondama Papua Barat. Pegunungan Wondiwoi membentang dari utara tanjung ayomi hingga selatan dataran tinggi Kabupaten Teluk Wondama, sebelah selatan berbatasan dengan dataran ure dan sebelah timur berbatasan dengan teluk umar. sisi laut barat, utara maupun timur adalah Kawasan taman nasional teluk Cendrawasih.

Masyarakat Lokal di Hutan Ramiki Gunung Wondiwoi, Foto Eky Sawaki

Kanguru Pohon Wondiwoi adalah kanguru berukuran sedang, sebagian besar herbivora, sebagian besar hidup di pohon, dan sedikit arboreal yang endemik di hutan hujan Papua di Indonesia. Ini adalah satu-satunya spesies dalam genusnya, satu-satunya anggota subfamili Papuangoareinae, dan satu-satunya anggota keluarga Papuanackerniidae. Kanguru pohon Papua adalah bagian dari ekosistem spesialis Papua yang terancam punah, yang ditemukan di hutan hujan Papua. Artinya, hutan ini sangat langka dan berharga, karena mengandung sejumlah kecil spesies yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

Jalur paling dekat menuju Pegunungan Wondiwoi adalah dari Kabupaten Manokwari atau Kabupaten Nabire ke Kabupaten Teluk Wondama menggunakan transportasi Laut, darat maupun Udara. untuk sampai di Wasior Kabupaten Teluk Wondama sangatlah mudah, beberapa layanan kapal feri terjadwal, anda bisa mengunjungi pemandu anda untuk megatur perjalanan anda.

Hutan Ramki di Gunung Wondiwoi, Foto Eky Sawaki

Pegunungan Wondiwoi adalah rumah bagi beberapa satwa hutan tropis paling menarik dan indah di dunia. Hutan ini adalah bagian dari hutan hujan Papua, dan juga disebut “Dunia yang Hilang dari Hutan Hujan Papua.” Hutan hujan Papua juga dikenal karena keanekaragaman hayatinya dan memiliki rentang ekosistem yang luas dari hutan tropis lembab hingga hutan awan Hutan yang terkenal dengan banyaknya spesies pohon dan tumbuhan tropis yang tumbuh di sana, termasuk sekitar 5.000 spesies tumbuhan dan 1.000 spesies hewan, menjadikan hutan hujan Papua sebagai salah satu hutan tropis dengan keanekaragaman hayati terbesar di dunia.


Cara menjangkau Untuk sampai di Pegunungan Wondiwoi, terbang ke kota Manokwari, Tersedia penerbangan reguler ke Manokwari dari Jakarta, Bali, Makassar atau kota-kota lain di indonesia.

Peta Jalur Penerbangan Pesawat dari Jakarta, Denpasar, Makasar ke Manokwari

Dari Pelabuhan Angrem  Manokwari bisa berangkat dengan Kapal Expres Bahari, KM. Margaret, KM. Napan Wainami, Pesawat Susi Air Ke Kota Wasior. Di wasior ada banyak penginapan sehingga anda tidak perlu khawatir. Di Wasior di tempat penginapan anda sudah dapat menjangkau langsung pegunungan wondiwoi.

Jalur Kapal Laut Dari Manokwari Ke Roon dan Wasior

Jika anda berencana melakukan perjalanan ke pegunungan Wondiwoi dan membutuhkan pemandu, silahkan menghubungi kami di +6281248931154




Tidak ada komentar: