Translate

Selasa, 23 Mei 2023

Kanguru Pohon Wondiwoi : Spesies yang Benar-Benar Unik dan Langkah

Vogelkop Wondiwoi Tree Kangaroo, Eky Sawaki Photo

Kanguru pohon Wondiwoi adalah salah satu hewan paling sulit ditemukan di Bumi. Hanya ditemukan di Pegunungan Wondiwoi di Papua Barat, spesies langka ini sempat dianggap punah hingga ditemukan kembali pada awal abad ke-21. Sejak saat itu, tidak semua orang melihat kanguru pohon Wondiwoi di alam bebas. Jika Anda cukup beruntung untuk menemukannya, Anda akan dihadiahi pengalaman sekali seumur hidup. Namun untuk mencapai Pegunungan Wondiwoi bukanlah hal yang mudah. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan untuk merencanakan ekspedisi melihat kanguru pohon Wondiwoi. Kami akan membantu Anda memilih waktu yang tepat untuk pergi, rute terbaik untuk diambil, dan apa yang harus dikemas untuk perjalanan Anda.

Kanguru pohon Wondiwoi adalah spesies kanguru pohon yang ditemukan dalam 100 tahun terakhir. Ini juga satu-satunya spesies kanguru pohon yang ditemukan di luar Australia. Kanguru pohon Wondiwoi adalah salah satu spesies berkantung paling luar biasa di planet ini. Tidak seperti spesies kanguru lainnya, kanguru pohon bersifat arboreal (mereka hidup di pohon). Mereka menghabiskan hampir seluruh hidup mereka di pohon, memakan daun, buah, bunga, biji-bijian, getah, telur, anak burung dan kulit kayu. Karena gaya hidup arboreal mereka yang ekstrim, mereka telah mengembangkan sejumlah adaptasi yang menarik – termasuk tangan dan kaki yang sangat besar, mata besar, dan diet khusus.

Kanguru pohon sangat langka, dan spesies Wondiwoi bahkan lebih langka lagi. Penampakan hewan yang sulit ditangkap ini sangat langka, dan sangat sulit untuk menemukannya di alam liar. Anda pasti ingin melakukan yang terbaik untuk memilih waktu yang ideal untuk ekspedisi Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan kesempatan terbaik untuk melihat kanguru pohon Wondiwoi di alam liar. Bulan-bulan terbaik untuk mencari kanguru pohon adalah pada musim semi dan musim gugur (antara Mei - Oktober). Selama bulan-bulan ini, cuacanya hangat dan kanguru pohon paling aktif. Jika Anda pergi di musim semi, Anda juga akan melihat banyak bunga liar bermekaran. Pada musim gugur, Anda akan melihat banyak satwa liar lainnya di area tersebut, termasuk babi hutan dan kasuari yang mencari makan di hutan.

Forest flowers and giant bananas, Eky Sawaki Photo

Pastikan Anda memilih jenis ekspedisi yang tepat untuk perjalanan Anda ke Pegunungan Wondiwoi. Jika Anda akan melakukan trekking melalui pegunungan, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda membawa perlengkapan yang tepat. Anda pasti ingin memastikan untuk mengemas banyak air dan makanan, serta kotak P3K. Anda juga sebaiknya membawa banyak obat nyamuk untuk mencegah banyak nyamuk dan serangga lain yang hidup di hutan. Jika Anda berencana melakukan perjalanan perahu di sepanjang pantai, Anda sebaiknya membawa beberapa perbekalan tambahan untuk berjaga-jaga. Ini termasuk jaket pelampung, kotak P3K, radio, dan banyak air minum. Anda juga ingin memastikan bahwa Anda memiliki identifikasi yang benar dengan Anda setiap saat. Memiliki paspor dan visa akan membuat perjalanan jauh lebih mudah. Pastikan untuk memeriksa saran perjalanan pemerintah maupun masyarakat lokal untuk Pegunungan Wondiwoi sebelum Anda pergi. Mereka mungkin memiliki informasi tentang tindakan pencegahan keselamatan khusus yang perlu Anda lakukan.

Kanguru pohon Wondiwoi adalah salah satu spesies paling menarik. Mereka juga salah satu yang paling langka, dengan hanya segelintir orang yang pernah melihatnya di alam liar. Jika Anda ingin melihatnya, Anda harus bersiap untuk ekspedisi yang panjang. Anda pasti ingin memilih waktu terbaik dalam setahun untuk pergi dan memilih rute yang tepat untuk perjalanan Anda. Kemudian Anda bisa bersiap-siap untuk petualangan sekali seumur hidup.


Cara menjangkau Untuk sampai di Pegunungan Wondiwoi, terbang ke kota Manokwari, Tersedia penerbangan reguler ke Manokwari dari Jakarta, Bali, Makassar atau kota-kota lain di indonesia.

Peta Jalur Penerbangan Pesawat dari Jakarta, Denpasar, Makasar ke Manokwari

Dari Pelabuhan Angrem  Manokwari bisa berangkat dengan Kapal Expres Bahari, KM. Margaret, KM. Napan Wainami, Pesawat Susi Air Ke Kota Wasior. 

Jalur Kapal Laut Dari Manokwari Ke Roon dan Wasior

Di wasior ada banyak penginapan sehingga anda tidak perlu khawatir. Di Wasior di tempat penginapan anda sudah dapat melihat pegunungan wondiwoi yang menjulang tingg dan membentang dari utara ke selatan bagaikan raksasa yang sedang tidur.
Tenpat strategis untuk trekking menjangkau langsung pegunungan wondiwoi dan sampai pada lokasi penemuan Kangguru Pohon Wondiwoi (Dendrolagus Mayri), Kanguru Pohon Nemena (Dendrolagus Ursinus) dan Kanguru Pohon Beruban (Dendrolagus Inustus) adalah memlalui kampung Ramiki di Wasior. Selain Spesies yang ada, terdapat 2 species lain juga yang belum terdeteksi

Jika anda berencana melakukan perjalanan ke pegunungan Wondiwoi dan membutuhkan pemandu, silahkan menghubungi kami di +6281248931154



Tidak ada komentar: