Translate

Minggu, 26 Maret 2023

Festival Roon 2023

Roon Festival

Festival Roon merupakan Event Tahunan yang sudah diselenggarakan sebanyak 2 kali, sejak 2019 dan 2020. Festival ini sempat terhenti selama 2 tahun dan kembali akan digelar untuk ketiga kalinya.

Festival Roon kali ini dipusatkan di Wasasar, Distrik Roon, Teluk Wondama, Papua Barat, Indonesia yang dijadwalkan pada tanggal 7-9 September  2023.

Roon adalah salah satu Distrik/Kecamatan yang berada di wilayah Pemrintahan Kabupaten Teluk Wondama, berada di ujung semenanjung wondiwoi, Roon memiliki banyak keaneka ragaman hayati, flora dan fauna hingga budayanya yang khas.

Roon identik dengan Sejarah Penginjilan agama kristen yang dibawakan oleh misionaris Godlief Lodwyk Bink asal belanda pada tahun 1884, dari sinilah agama kristen mulai disebarkan hampir ke seluruh pelosok tanah papua. Di Yende Roon terdapat peninggalan bangunan Gereja Tertua, Makam Misionaris hingga alkitab tua terbitan belanda.

Ini merupakan Festival Roon ke 3 yang sudah terdaftar sebagai Karisma Event Nusantara, diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Teluk Wondama.

Acara Festival Roon bertemakan budaya dengan menampilkan berbagai atraksi budaya dari tari-tarian hingga konflik pengambilan sagu dan konser 1000 suling, juga mengajak pengunjung untuk menjelajahi keindahan alam Pulau Roon hingga menikmati keindahan dunia bawah air yang menakjubkan. Atraksi penolakan masuknya injil, perang suku, Kisah Yan Ayamiseba sebagai Anak Tebusan, hingga kematian misionaris G.L. Bink akan ditampilkan dalam festival ini.

Untuk sampai ke pulau Roon sangatlah mudah, Dari Pelabuhan Angrem  Manokwari Pengunjung bisa berangkat dengan Kapal Expres Bahari langsung ke Yende Roon. Atau KM. Margaret, KM. Napan Wainami, Pesawat Susi Air Ke Kota Wasior, lalu menggunakan Longboad atau speedboat sekitar 1 jam dari Kota wasior ke Yende pulau Roon.
Di Roon sudah ada Homestay yang dibangun oleh Pemerintah, juga ada Rumah masyarakat yang dijadikan sebagai Homestay agar pengunjung bisa menginap dan mengikuti jalannya Festival Roon.

Tidak ada komentar: